5 Kalimat Ampuh Tenangkan Tangisan si Kecil. Balas Membentaknya Jelas Bukan Jawaban~

Bukan rahasia kembali jika dengar suara tangisan anak kita bukan hal yang membahagiakan. Kenyataannya berdasar sebagian riset, suara tangisan anak bisa memacu tanggapan ‘fight or flight’ atau ‘lawan atau kabur’. Tangisan anak bisa tingkatkan detak jantung dan menekan kita melakukan perbuatan suatu hal, sekalinya anak itu bukan anak kita.

Untuk bayi baru lahir, tangisan ialah satu langkah sang bayi untuk berbicara. Sesudah dapat berjalan dan berbicara, menangis jadi salah satunya langkah beberapa anak untuk mengolah emosi mereka. Seringkali beberapa orangtua bingung harus memberi respon seperti apakah dan pada akhirnya tangisan anak dijawab dengan pekikan atau gertakan. Walau sebenarnya, memerintah anak untuk langsung diam dan stop menangis bukan jalan keluar. Ada banyak kalimat yang dapat mama atau papah pakai untuk menentramkan sang kecil yang lagi menangis. Apa sajakah?

Waktu menangis, sang kecil sedang belajar mengolah emosi mereka. Mereka masih begitu pemula untuk memisah rasa berduka, frustasi, geram atau sedih. Nah, mama atau papah dapat menolongnya mengenali emosi mereka sambil memberi rasa tenang, misalkan dengan merengkuh mereka dan diam bersama sama mereka sesaat. Sang kecil akan berasa emosi mereka divalidasi dan percepat selesainya tangisan mereka.

Ini akan menolong sang kecil belajar untuk pahami emosi mereka dan berempati. Bersama sama mereka waktu emosi mereka sedang tidak konstan akan menolong mereka mereka berasa lebih bagus dan aman.

Ajak sang kecil istirahat dapat menolong sang kecil menentramkan diri sebab begitu capek atau berasa over-stimulasi. Diamkan sang kecil ada di lokasi yang tenang dan aman bersamamu sesaat.

Memberi keamanan dan kenyamanan pada sang kecil akan menolongnya berasa lebih bagus. Diamkan sang kecil tahu, jika ada mama atau papah yang selalu akan dengan mereka dan membuat perlindungan mereka.

error: Content is protected !!